Sejarah Motion Graphic: Sebuah Pengantar

MIRMAGZ.com – Salah satu cabang Desain Komunikasi Visual adalah motion graphic. Sejarah motion graphic dapat ditilik lebih jauh dari sekarang, masa Adobe After Effects. Orang pertama yang menggunakan istilah Motion Graphic atau Grafis Bergerak adalah penganimasi gambar John Whitney, yang merupakan co-founder dari Motion Graphic, Inc.

ilustrasi komposisi warna. (Pixabay/StockSnap)

Motion graphic digunakan pada tahun 1960, untuk membuat sebuah gambar bergerak dan judul pada sebuah program televisi. Namun, grafik gerak sudah ada sebelum media elektronik, sekitar tahun 1800-an dengan presentasi flipbook. Dengan mengganti tumpukan kertas sebagai layer, dan perubahan posisi pada objek gambar pada setiap kertas.

Baca juga:  Desain dan Seni Rupa (Murni) untuk Mahasiswa Desain Komunikasi Visual

Singkatnya, motion graphic adalah sebuah karya grafis yang berupa apa pun yang menggunakan teknologi untuk menciptakan ilusi gerakan, transformasi, atau rotasi untuk mengkomunikasikan pesan melalui video dan audio storytelling. Motion graphic mencakup hal-hal seperti film, video, teks animasi, dan animasi berbasis web, antara lain dan bidang ini berkembang pesat sebagai akibat langsung dari kemajuan teknologi.

Kembali ke tahun 1800-an, perangkat animasi awal seperti buku flip diciptakan untuk menghasilkan gerakan melalui gambar berurutan, tetapi animasi tidak benar-benar “lepas landas” sampai dimulainya sinematografi.
Penghargaan pertama untuk memulai grafik gerak dan animasi tidak dapat diberikan kepada satu orang secara khusus, karena ada begitu banyak jenis proyek animasi yang diproduksi pada saat yang sama di awal perkembangannya.

Baca juga:  Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai Peran Perancang Komunikasi

Karya Marcel Duchamp, Walter Ruttman, dan Fernand Lager semuanya menunjukkan eksperimen hebat dalam teknik pencampuran dan media untuk sebuah film. Meskipun tidak ada satu orang yang dianggap sebagai pencetus dalam motion graphic, ada banyak orang yang dianggap sebagai pionir di bidang ini seperti Saul Bass, Pablo Ferro dan John Whitney.

Seni Motion Graphic

Motion graphic bisa dibilang merupakan salah satu bentuk seni yang paling dicari di abad ke-21. Seorang desainer motion grafis yang memiliki spesialisasi gerak khas dilatih dalam pendidikan desain grafis tradisional atau memiliki latar belakang film atau animasi.

Pengetahuan tentang warna, tipografi, citra dan suara sangat penting untuk menjadi seniman motion graphic yang menyeluruh, serta mempelajari program perangkat lunak yang diperlukan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, industri motion, sebuah grafik bergerak terus berkembang. Sebelum komputer tersedia secara luas, grafik gerak mahal dan memakan waktu. Dengan meningkatnya ketersediaan perangkat lunak grafis gerak yang ramah pengguna, ini telah berubah.

Baca juga:  Bentuk Estetik pada Seni

Ada lebih banyak alat yang tersedia untuk seniman grafis gerak, dan meskipun ada kurva belajar yang layak, alat untuk menggerakkan gambar ini menjadi lebih mudah untuk dijelajahi dan dipelajari. Apalagi dengan Industri 4.0 yang sangat membantu orang untuk belajar secara mandiri.

Salah satu program terkemuka yang digunakan oleh desainer grafis gerak adalah Adobe After Effects, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memodifikasi grafik dari waktu ke waktu.

Adobe Flash banyak digunakan untuk membuat desain gerak untuk web. Program perangkat lunak 3D, seperti Maxon Cinema 4D, memiliki alat grafis gerak terintegrasi, dan bekerja dengan baik dengan After Effects dan Photoshop.

Baca juga:  Sejarah Desain Grafis Awal sampai Abad ke-19

Beberapa program lain yang digunakan untuk grafik gerak termasuk Nuke, Autodesk Combustion, Apple Motion/Shake, dan program 3D seperti Autodesk 3DS Max dan Maya, Newtek Lightwave, dan Blender, di antara banyak lainnya.

Dengan kemajuan teknologi, terutama Internet, industri grafik gerak telah berubah secara dramatis. Pembuatan, distribusi, dan pengiriman konten semuanya sangat berbeda sekarang ini, karena desainer dapat bekerja dari mana saja, kapan saja, dan tetap memenuhi tenggat waktu dengan menggunakan koneksi internet.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo-lyubov-books
Lyubov Books - Toko Buku Online
Buku Terbaru WPAP dan Mistik Kesehariannya

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.