Mengapa Seni Ada dalam Keseharian?

Ilustrasi seni dalam sehari-hari

MIRMAGZ.com – Setiap hari kita menjumpai bentuk seni dalam berbagai hal, seni dalam bekerja, seni dalam bersikap, seni dalam kehidupan itu sendiri.

Seni tidak hanya sekedar estetika, bentuk yang indah, membuat orang menjadi terkagum. Seni memberikan peneropongan masa depan, menjelma menjadi bagian yang tidak terbantahkan oleh naluri manusia.

Seni sejatinya menunjukkan kemanusiaan itu sendiri, menunjukkan siapa sebenarnya manusia, maka bisa dikatakan bahwa seni akan selalu ada dalam keseharian.

Kehidupan yang didominasi oleh keseharian yang begitu-begitu saja, memberikan konstruksi kehidupan seni yang beragam.

Orang membutuhkan kesegaran dalam keseharian, meskipun kita melakukan pekerjaan sehari-hari. Misalkan berangkat bekerja jam 7 pulang jam 5, di dalamnya kita tetap membutuhkan seni, untuk memperlihatkan kehidupan yang berbeda, yang tidak monoton, dan kadang mengusik naluri manusia.

Monoton dari manusia membuat seni menjadi hidup, memberikan penjelmaan dari sesuatu yang tidak dia sadari, memberikan insight dalam hal yang ditemui, yang biasanya hanya berpandangan dari satu atau dua hal saja.

Baca juga:  Seni dan Ilmu Seni: Sebuah Pengantar

Seni memberikan prespektif baru, itulah mengapa seni hadir dalam keseharian.

Orang-orang lebih menyukai hal-hal yang tidak ‘biasa’. Tidak hanya mengikuti tren, tapi membuat tren itu sendiri, karena memang manusia tidak selalu ingin monoton dalam kehidupannya.

Apakah memang keseharian menjadi sesuatu yang memenjara? Memang seni-lah menjadi salah satu kunci penjara untuk melihat dunia yang fana.

Ketiadaan seni, membuat robot manusia semakin menyenangkan, tapi dengan adanya seni, bentuk-bentuk keseharian yang tidak biasa akan muncul dan memberikan manusia pilihan kembali, menjadi larut dalam keseharian, atau memberikan inspirasi baru untuk kehidupannya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

4 thoughts on “Mengapa Seni Ada dalam Keseharian?”

  1. Pingback: Seni dan Ilmu Seni: Sebuah Pengantar - Mirmagz

  2. Pingback: Seni dalam Pandangan Susanne K Langer - Mirmagz

  3. Pingback: Nilai Seni dari Pandangan Jakob Soemardjo - Mirmagz

  4. Pingback: Bentuk Estetik pada Seni - Mirmagz

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.