Swedish Meatballs Ternyata Berasal dari Era Turki Usmani, Intip Cara Membuatnya Yuk!

MIRMAGZ.com – Untuk kalian yang gemar makan menu hidangan “khas’ Swedia yang satu ini, menu Swedish Meatballs tentu tidak asing lagi. Apalagi bagi kalian yang suka jalan-jalan ke IKEA dan menikmati menu ini.

Namun, Köttbullar alias swedish meatballs nyatanya bukanlah menu “khas” Swedia. Baru-baru ini, makanan yang sebenarnya terbuat dari campuran daging sapi, babi cincang dan bahkan daging rusa itu disebut oleh pemerintah Swedia berasal dari Kesultanan Turki Usmani alias Turki Ottoman.

Pernyataan yang diunggah melalui media sosial Twitter itu mendapat beragam respons.

Baca juga:  5 Fakta Menarik Kesultanan Turki Usmani

Konon, Raja Swedia yang bernama Charles XII membawa resep Köttbullar ke rumahnya setelah menghabiskan waktu dalam pengasingan di Kesultanan Ottoman Turki pada awal abad 18.

Bagi mereka yang tidak percaya pada fakta tersebut mengatakan bahwa menu daging yang istimewa itu adalah makanan khas nasional Swedia. Sampai-sampai, ada di dalam menu kantin toko furnitur Swedia, IKEA di seluruh dunia.

Meski begitu, netizen berpendapat, buah lingonberry yang ditabur di atas bola daging tetaplah ‘rasa’ khas dari Swedia. Walau nyatanya, tanaman jenis beri itu tidak semata-mata hanya tumbuh di Swedia.

Meski alasan dibalik pengungkapan fakta asal muasal hidangan bola daging lezat itu belum diketahui, tak sedikit netizen Swedia di Twitter yang menanggapi dengan humor maupun sarkas.

Di Turki sendiri, hidangan bola daging seperti Köttbullar disebut Kofte. Namun, hidangan Kofte tidak seperti Köttbullar yang menggunakan pork (babi).

Kofte menggunakan daging sapi cincang atau daging domba yang telah dibumbui dengan rempah lalu dipanggang atau digoreng.

Hidangan Köttbullar Swedia lebih sering menggunakan pork (babi) dan biasanya disiram dengan saus yang gurih.

Kofte di Turki sendiri memiliki 291 variasi menurut publikasi Daily Sabah. Selain itu, hidangan yang mirip dengan Köttbullar ini tak hanya terkenal di Turki namun juga di penjuru Timur Tengah, sebagian Asia dan dan Eropa Tenggara.

Cara membuat Köttbullar atau swedish meatballs cukup mudah, lho. Meski resepnya bervariasi, tim MirMagz punya resep sederhana yang bisa dicoba di rumah.

Baca juga:  Unik, Burung Hantu Salju Ini Jadi Salah Satu Penjaga Kremlin

Bahan yang disiapkan:

600 gram daging sapi atau beef [ada juga yang menggunakan (pork) babi, reindeer (rusa kutub) dan moose (rusa)]

50 gram remah roti atau breadcrumb

2 butir  telur ayam

230 ml susu sapi

1 siung bawang bombay

Dan bumbu penyedap seperti garam, merica dan merica jamaika (allspice bubuk)

Cara membuat:

  1. Campurkan susu, telur di dalam mangkuk besar. kocok keduanya. Beri sedikit garam dan merica, lalu masukkan remah roti. setelah adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan, biarkan adonan kurang lebih 5 menit.
  2. Masukan daging cincang apa saja dan irisan bombay yang sudah ditumis dengan butter atau bisa dengan margarin. jika ingin memasukkan bombay dalam kondisi mentah juga bisa. campurkan juga semua bumbu penyedap dan aduk rata adonan dan diamkan.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat seperti bakso dengan ukuran sesuai selera. Goreng dengan sedikit lelehan mentega atau margarin sampai daging kecoklatan di semua sisi.
  4. Swedish meatballs siap disajikan dengan kentang tumbuk, taburan lingonberry dan saus yang keluar ketika menggoreng bakso.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.