Cara Menikmati Seni, Gimana Sih Tur Seni?

MIRMAGZ.com – Setiap Seni sebenarnya bisa dinikmati dalam jejak yang beragam, namun tidak akan selesai apabila kita hanya melihat dari pameran tetap, seperti di Galeri Nasional (Galnas), namun dibutuhkan pemahaman pengunjung yang dapat memahami karya seni secara penuh. Seperti apa bentuk tur seni yang dapat dinikmati oleh para penikmat seni?

Museum-museum seni di Jepang atau Eropa misalkan sudah membiasakan diri untuk mengadakan tur seni yang juga menjelaskan tentang seni yang sendang dipamerkan atau dirasakan.

Tur Karya Grafis pada Pameran Ratimaya di SangkringArt

Setiap langkah perjalanan dalam tur memiliki tujuan tertentu. Para turis yang mengikuti tur ingin belajar dan mengumpulkan sesuatu dari setiap tujuan danapa yang mereka kumpulkan sebagian besar adalah seni. Para mahasiswa ini biasa bepergian dengan ditemani oleh para pelukis potretnya, sehingga mereka bisa membuat sketsa keindahan yang dikagumi.

Baca juga:  Apakah Seniman dan Desainer Sama?

Ketika ini tidak memungkinkan, mereka menugaskan pekerjaan itu kepada seniman lokal, untuk menyimpan apa yang sekarang kita sebut “kartu pos”. Salah satu seniman Italia yang lebih dikenal dalam konteks ini adalah Giovanni Battista Piranesi, yang lukisannya telah diturunkan dari bangsawan ke bangsawan hingga saat ini. Semua pelancong muda bercita-cita untuk kembali ke rumah dengan salah satu lukisannya!

Bahkan di setiap museum yang dapat dikunjungi bersama, pemandu pribadi yang telah dipesan dengan semangat dapat fokus pada apa pun yang diinginkan—periode pada karya-karya tertentu, bukan hanya hanya sorotan, atau bagian yang tidak biasa, ataupun tinjauan umum museum, tapi memberikan keseimbangan minat grup pada sebuah tur yang unik.

Baca juga:  Desain dan Seni Rupa (Murni) untuk Mahasiswa Desain Komunikasi Visual

Tur-tur seperti ini ditujukan untuk seorang pecinta seni yang telah memahami seni atau hanya tertarik saja, panduan dari sejarawan seni sebuah museum seni akan membuat percakapan mengalir pada tingkatan yang tepat.

Mereka dapat menjelajahi satu koleksi secara mendalam, atau dapat mengatur tur tematik (atau serangkaian tur) yang membawa kita ke karya dan pertunjukan karya yang mencakup kekayaan institusi budaya Kota maupun si senimannya.

Baca juga:  Arnold Hauser Sejarawan Sosial Seni

Alih-alih menceritakan sejarah seni, tur ini memberi pengunjung alat dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk terlibat dengan seni baik secara mendalam maupun teoretis. Apa yang harus kita cari ketika melihat sebuah karya seni baru untuk pertama kalinya?

Bagaimana seniman membodohi mata kita dan mengendalikan reaksi kita? Anda akan pergi dengan kapasitas yang lebih besar untuk analisis visual dan apresiasi estetika. Tur yang seperti ini sangat ideal bagi pengunjung yang senang menjelajahi seni dari dalam dirinya sendiri, tetapi berharap dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk melihat, menghargai, dan berpikir tentang gambar dan objek seni yang dilihat ketika tur berlangsung.

Sangkring ArtSpace, Museum Tumurun, merupakan beberapa galery yang telah melakukan kegiatan tur seni yang patut untuk dikunjungi. Kalian bisa mengunjungi sosial medianya untuk dapat berkunjung dalam tema seni yang kuat pada dua tempat tersebut.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

1 thought on “Cara Menikmati Seni, Gimana Sih Tur Seni?”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Ilustrasi dan Comic Artist - Aghni Ghofarun
logo-lyubov-books
Lyubov Books - Toko Buku Online
Buku Terbaru WPAP dan Mistik Kesehariannya

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.