Kajian Literatur dalam Desain Komunikasi Visual

MIRMAGZ.com – Pengetahuan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zamannya. Kehidupan pengetahuan juga akan terus berinteraksi dengan kajian-kajian yang telah dilakukan. Membentuk kajian yang original, asli tidak plagiat memang terlihat tidak mudah. Agar kita bisa memberikan justifikasi bahwa karya kajian kita hadir sebagai sesuatu yang baru, maka perlu dilakukan kajian literatur/literatur review.

Baca juga:  Kajian Seni Rupa dan Desain: Membangun Prespektif Kajian

Literatur merupakan suatu acuan atau rujukan berwujud karya tulis yang digunakan dalam beragam aktivitas dalam ilmu pengetahuan, karena dianggap memiliki manfaat dan keunggulan yang telah tertulis. Terlebih ketika digital media, penyimpanan daring menjadi sesuatu yang membuatnya ‘abadi’. Kita bahkan bisa menelusur segala macam bidang, termasuk desain komunikasi visual di dalamnya.

Tujuannya adalah menunjukkan bagian tulisan yang diambil dari acuan sumber tertentu. Menghindari praktik plagiat. Membantu pembaca untuk mencari sumber rujukan yang dipakai, serta memberi penghargaan pada penulis lain yang dijadikan sumber acuan referensi.

Dalam desain tidak hanya berujung pada bentuk visual semata, namun ide akan terus bergulir sebagai sesuatu yang memperbaharui kehidupan desain itu sendiri. Mari kita lihat kajian-kajian literatur dalam bidang desain komunikasi visual.

Baca juga:  Apakah Seniman dan Desainer Sama?

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

73 thoughts on “Kajian Literatur dalam Desain Komunikasi Visual”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Ilustrasi dan Comic Artist - Aghni Ghofarun
logo-lyubov-books
Lyubov Books - Toko Buku Online
Buku Terbaru WPAP dan Mistik Kesehariannya

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.