Apa itu Brand Identity? Identitas Merek?

MIRMAGZ.com – Sama seperti identitas pribadi kita yang membuat kita menjadi unik, identitas merek adalah saus khusus bisnis kita yang membedakan dari nama Sumiyem, Decky, dan Apple, dan lainnya. Dan desain identitas merek kita? Itu yang membentuk perusahaan kita.

Ilustrasi sosial media/internet (Pixabay/GDJ)

Tapi apa sebenarnya identitas merek itu? Apa hubungannya dengan desain? Dan bagaimana kita membentuk identitas merek yang kuat yang membawa bisnis kita ke tingkat berikutnya?

Kami akan memulai dengan definisi. Apa yang dimaksud dengan identitas merek?

Identitas merek adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Identitas merek berbeda dari “citra merek” dan “merek”, meskipun istilah ini terkadang dianggap dapat dipertukarkan.

Istilah branding mengacu pada praktik pemasaran yang secara aktif membentuk merek yang khas. Merek adalah persepsi perusahaan di mata dunia.

Mari kita menggali lebih dalam.

Katakanlah kita seorang siswa sekolah menengah. Sebagai pra-remaja yang canggung, kita ingin dianggap keren dan diundang untuk duduk di meja terbaik di kafetaria. Tetapi kita tidak bisa begitu saja memaksa orang lain untuk memiliki citra kita seperti itu. Untuk mengembangkan merek ini, kita perlu melakukan beberapa pekerjaan.

Jadi pastikan kita menonton saluran YouTube yang tepat agar selalu tahu meme terbaru. Mungkin kita mulai melatih lemparan bebas kita. Dan menumbuhkan kesan Tuan Archibald, guru sainsmu. Tindakan ini adalah pekerjaan yang kita lakukan untuk mengembangkan citra yang kita inginkan; mereka adalah merek kita.

Akhirnya, kita perlu memastikan bahwa kita melihat bagiannya. kita menghemat uang kita untuk membeli sepatu Adidas baru yang didambakan semua orang. kita mendapatkan potongan rambut baru. kita mencoba untuk (dan bergabung) dengan tim bola basket.

Elemen-elemen nyata itu—sepatu, potongan rambut, keanggotaan tim—itulah identitas merek.

Identitas merek kita adalah apa yang membuat kita langsung dikenali oleh pelanggan kita. Audiens kita akan mengaitkan identitas merek kita dengan produk atau layanan kita, dan identitas itulah yang membentuk hubungan antara kita dan pelanggan kita, membangun loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan kita akan memkitang merek kita.

Bagaimana kita mengembangkan merek yang kuat?

Ketahui siapa dirimu

Sebelum kita mengetahui elemen nyata apa yang kita inginkan untuk membentuk identitas merek kita, kita perlu mengetahui siapa diri kita sebagai sebuah merek.

Baca juga:  Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai Peran Perancang Komunikasi

Siapa kita sebagai merek terdiri dari beberapa elemen kunci:

Misi kita (apa “mengapa?”)
Nilai-nilai kita (keyakinan apa yang mendorong perusahaan kita?)
Kepribadian merek kita (jika merek kita adalah seseorang, kepribadian seperti apa yang akan mereka miliki?)
Posisi unik kita (bagaimana kita membedakan diri kita dari pesaing?)
Suara merek kita (jika merek kita adalah seseorang, bagaimana cara berkomunikasinya?)
Elemen-elemen inilah yang menentukan merek kita, dan sebelum kita mulai membangun identitas merek kita, penting bagi kita untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang masing-masing.

Jika kita kesulitan mencari tahu siapa sebenarnya kita, jangan khawatir. Terkadang, yang kita butuhkan hanyalah brainstorming sederhana untuk membantu kita mendapatkan kejelasan tentang siapa kita sebagai sebuah merek.

Bertanya pada diri kita sendiri:

Mengapa kami memulai bisnis ini?
Apa keyakinan dan nilai-nilai yang penting bagi kita sebagai sebuah perusahaan?
Apa yang kita lakukan lebih baik dari orang lain?
Apa yang membuat kita istimewa?
Jika kita bisa menggambarkan merek kita dalam tiga kata, apa kata itu?
Apa tiga kata yang kita ingin pelanggan kita gunakan untuk menggambarkan kita?
kita juga dapat melihat buku kerja branding yang luar biasa ini dari perusahaan konsultan PricewaterhouseCoopers. Sementara buku kerja ini diarahkan untuk personal branding, strategi akan bekerja untuk semua jenis model bisnis.

Setelah kita mengunci siapa diri kita sebagai sebuah merek, inilah saatnya untuk membangun identitas yang akan menghidupkan merek kita dan menunjukkan siapa kita kepada orang-orang yang paling berarti: pelanggan kita.

Semacam Kesimpulan

Brand identity/identitas merek kita adalah apa yang membedakan kita dari lautan pesaing yang tak ada habisnya dan menunjukkan kepada pelanggan kita siapa kita dan apa yang dapat mereka harapkan dari bekerja dengan kita. Dan jika kita ingin merek kita dilihat secara positif, penting bagi kita untuk memakukan identitas merek kita dan membuat desain yang secara akurat menggambarkan siapa kita bagi pelanggan kita. Dan sekarang setelah kita tahu cara memakukan identitas itu, saatnya untuk mulai mendesain.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Ilustrasi dan Comic Artist - Aghni Ghofarun
logo-lyubov-books
Lyubov Books - Toko Buku Online
Buku Terbaru WPAP dan Mistik Kesehariannya

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.