Bagaimana Filsafat Seni dibaca dari Noël Carroll?

MIRMAGZ.com – Filsafat seni itu sangat luas, pengkajian seni tidak bisa hadir begitu saja kecuali kita membaca seni dalam wilayah filsafat. Ketika kita bekerja menggarap seni secara sungguh-sungguh, pasti akan ada masa di mana kita terbentur dengan pertanyaan mendasar mengenai seni yang kita lakukan; misal membentuk karya desain, atau sedang membuat karya ilustrasi. Sebetulnya apa yang sedang kita kerjakan? Apa maknanya bagi kita? Apa artinya pekerjaan seni ini bagi masyarakat? Apakah hal yang kita lakukan memberikan manfaat pada umat manusia?

Ilustrasi desain komunikasi visual (Pixabay/Oberholster Venita)
Baca juga:  Filsafat Seni: Apa yang Terbaru di Dunia Pemikiran Seni?

Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk seniman dan desainer dewasa ini. Jadi apakah yang bisa dipertanyakan dari tulisan kontemporer (kekinian) tentang filsafat seni. Termasuk oleh Noël Carroll. Seorang filsuf kontemporer yang hadir dari Amerika untuk mempertanyakan apa itu Filsafat Seni. Meskipun menulis filsafat, pengantar dalam bukunya cukup representatif dalam kehidupan pemikiran filsafat seni.

Dalam pengantarnya, Noël Carroll membicarakan buku ini.

Filsafat Seni adalah buku teks untuk mahasiswa sarjana yang tertarik dengan topik estetika filosofis. Ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik-teknik filsafat analitik di samping pilihan topik utama dalam bidang penyelidikan ini. Ini termasuk teori representasi seni, formalisme, neo-formalisme, teori estetika seni, neo-Wittgensteinianisme, Teori Kelembagaan Seni, serta pendekatan historis terhadap sifat seni. Sepanjang buku ini, teori-teori filosofis abstrak diilustrasikan oleh contoh-contoh seni tradisional dan kontemporer termasuk referensi yang sering ke avant-garde. Dengan cara ini pemahaman pembaca tentang teori seni serta apresiasi seni diperkaya.

Baca juga:  Apakah Chairol Imam adalah Seniman?

Kata “filsafat” memiliki banyak arti yang berbeda. Kadang-kadang orang memberi tahu kita tentang filosofi hidup mereka. Mereka biasanya berarti sesuatu seperti keyakinan terdalam dan paling taat mereka. Jadi apa yang dikatakan oleh Noel dikomentar-komentar dibawah ini.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

9 thoughts on “Bagaimana Filsafat Seni dibaca dari Noël Carroll?”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Ilustrasi dan Comic Artist - Aghni Ghofarun
logo-lyubov-books
Lyubov Books - Toko Buku Online
Buku Terbaru WPAP dan Mistik Kesehariannya

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.